...::Selamat datang pemirsa BLOGGER semoga apa yang dicantumkan berguna bagi yang membutuhkaN::...

Minggu, 09 Januari 2011

Membuka Gmail dengan Outlook Express

Gmail adalah layanan e-mail gratis yang disediakan oleh Google. Kalian bisa membuat alamat email kamu sendiri di sini dengan user yang bisa kamu pilih sendiri dan dengan domain gmail.com, jadi jika alamt email kamu akan seperti ini user@gmail.com.

Kelebihan Gmail dengan beberapa e-mail gratis lainnya antara lain yaitu, Gmail memberikan space (ruang untuk menyimpan email) kamu dengan lebih besar sehingga kamu tidak perlu menghapus email-email yang yang tidak penting dan sudah dibaca, selain itu Gmail juga memiliki teknologi pencegah Spam (email bomber) yang lebih baik. Satu lagi fitur Gmail yang paling menggembirakan adalah Gmail menyediakan layanan POP# dan SMTP gratis, itu artinya selain kamu bisa membua email melalui web browser kamu seperti Internet Explorer dan Mozilla Firefox, kamu juga bisa membua email kamu dari software email client seperti Outlook Express dan Mozilla Thunderbird atau bahkan dari handphone kamu bisa bisa mengakses POP3/SMTP server.

Untuk membuat email account baru di Gmail, kamu cukup membuka www.gmail.com dari browser kamu, meudian klik Sign up for Gmail. Kemudian kamu akan masuk ke halaman formulir pendaftaran Gmail, untuk lebih memudahkan pengisian formulir sebaiknya kamu ganti bahasanya menjadi bahasa Indonesia dengan memilih Indonesia pada pilihan change language di pojok kanan atas halaman formulir itu. Jika formulir telah terisi dengan benar semuanya, untuk membuat email kamu, kamu harus klik tombol Saya menerima, Buat Akunku pada bagian paling bawah formulir tersebut, jika berhasil kamu akan mendapatkan ucapan selamat bahwa pembuatan e-mail di Gmail telah berhasil.

Untuk membuka Gmal melalui web browser seperti Internet Explorer dan Mozilla Firefox, kamu cukup membuka alamat www.gmail.com kemudian masukkan usernama dan password kamu dan tekan enter.
Sedangkan jika kamu ingin membuka Gmail dari Outlook Express kamu harus melakukan setting dengan langkah-langkah sebagai berikut:


  1. Buka email kamu dari web browser, klik Acuan Email di pojok kanan atas. Klik tulisan Meneruskan dan POP/IMAP. Dibagian Download dengan POP beri tanda di Aktifkan POP untuk semua email. Di bagian nomor 2 pilih simpan salinan Gmail di Kotak Masuk agar email yang kita buka dari Outlook Express tetap ada di Gmail. Jika sudah Jika sudah klik tombol Simpan Perubahan.
  2. Buka Outlook Express dari komputer kamu melalui Start > All Programs > Outlook Express.
  3. Pada menu Tools klik Accounts
  4. Klik Add kemudian Mail..
  5. Masukkan nama lengkap kamu, kemudian klik Next
  6. Masukkan alamat email (Gmail) kamu secara lengkap
  7. Pada bagian Incomin (POP3, IMAP or HTTP server, masukkan pop.gmail.com, pada bagian Outgoing mail (SMTP) server, masukkan smtp.gmail.com kemudian klik Next
  8. Dibagian Account name, masukkan elamat Gmail lengkap kamu dan masukkan masukkan juga passwordnya, meduian klik Next dan klik Finish
  9. Dobel klik tulisan pop.gmail.com
  10. Klik tab Advanced, masukkan seperti di bawah ini, yaitu Outgoing mail (SMTP) : 465, beri tanda checklist pada tulisan This server rewuires a secure Connection (SSL), masukkan Incoming mail (POP3) : 995 dan beri tanda shecklist pada tulisan This server rewuires a secure Connection (SSL) di bawahnya.
  11. Jika sudah, klik tab Servers , beri tanda Checklist pada tulisan My server requires authentication, kemudian klik OK dan klik Close
  12. Selesai deh!
Untuk mencobanya, kamu bisa mencoba mengirim e-mail ke alamat kamu sendiri dengan cara klik tombol Create Mail. Masukkan alamat email kamu sendiri pada bagian To, masukkan Subject-nya Coba dan isi pesannya terserah kamu dan klik Send.

Untuk memeriksa email masuk, klik tombol Send/Recv. Udah deh! Gampang kan?!

Tidak ada komentar:

Gabung yuk!...